Salam dulu, ok sekarang melanjutkan artikel kemarin tentang Operasi System, sebelumnya telah di bahas operasi system komputer sobat bisa lihat disini

Seiring berkembangnya teknologi perangkat bergerak, maka saat itu pula bermunculan berbagai macam Software untuk memaksimalkan kinerjanya. Sebut saja Sistim Operasi yang bisa disematkan pada sebuah ponsel agar kinerjanya lebih baik. Ponsel yang dilengkapi dengan Sistim Operasi (OS) disebut sebagai Smartphone atau bahasa kita kenal sebagai ‘Ponsel Pintar’.Ok langsung sajah, berikut beberapa Operating System yang ada pada ponsel :

SYMBIAN OS

Bagi para pengguna ponsel Nokia, tentunya
mungkin sudah pernah mendengar tentang
symbian. Namun apa sih sebenarnya
symbian itu? menurut wikimedia Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (maksudnya os ini khusus handphone).
Maksud dari operasi tak bebas OS ini dipegang oleh satu perusahaan, dan user tidak diijinkan untuk memodifikasi secara bebas.

Mirip seperti sistem operasi desktop , Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori, Apa itu Multithread dan multitasking?
sebenarnya kedua istilah itu maksudnya sama, yakni memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Multitasking juga merupakan salah satu fitur andalan dari OS Symbian.

Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian
^3 dengan PR 02 yang disebut symbian belle.
Sedangkan ponsel yang paling banyak
beredar saat ini menggunakan Symbian OS
v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS,v9.1s dan s60
v5. Nokia Nseries rata-rata menggunakan Symbian OS v9.1s.

File format : sis, sisx

ANDROID

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Versi android : CupCake (Android 1.5), Donut (Android 1.6), Eclair (Android 2.1), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), HoneyComb (Android 3.0).
File format : .apk

WINDOWS MOBILE

Windows Mobile adalah salah satu Sistem Operasi mobile Yang di kembangkan oleh Microsoft, dan di desain untuk di gunakan pada Smartphone dan Perangkat Nirkabel lainya. Versi saat ini di sebut ‘Windows Phone 7 ′. OS ini berbasis pada Windows CE 5.2 Kernel, dan fitur-fiturnya di kembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile di desain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop. Sebagai tambahan, Third party Software Development tersedia untuk Windows Mobile. Pertama kali di rilis sebagai Sistem Operasi Pocket PC 2000, kebanyakan perangkat Windows Mobile di lengakapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar.
Microsoft menngumumkan Platform baru, Windows 7 Series, di Mobile World Congress di Barcelona pada 15 Februari 2010. Perangkat yang menggunakan Windows Mobile 6.x series tidak dapat di upgrade ke seri Windows 7.

IPHONE OS

iPhone OS merupakan sistem operasi khusus
untuk perangkat iPhone keluaran Apple.
Sistem operasi ini tidak dapat digunakan pada perangkat handphone selain iPhone keluaran Apple. Versi terbaru dari iPhone OS adalah iPhone OS 5 yang baru saja bulan kemaren diluncurkan. Meskipun banyak iPhone-iPhone palsu dipasaran, tetapi tidak ada satupun iPhone palsu yang menggunakan sistem operasi ini.

BLACKBERRY OS

BlackBerry OS adalah sistem operasi hanya digunakan oleh smartphone BlackBerry buatan RIM (Research In Motion). Sangat diminati Karena kemampuan push emailnya juga desain keyboard QWERTY sangat nyaman bila digunakan untuk meng-entry teks secara cepat dan tepat, sehingga cocok untuk disebut sebagai smartphone khusus untuk beremail ria.
Lalu bagaimana dengan java , apa merupakan operating system? java itu bukan os melainkan sebuah midlet atau layanan yang digunakan untuk menjalankan applikasi java ‘jar dan jad’.

Semoga bermanfaat
Sumber referensi :
SyMBIAN
System operasi handphone

http://escampur.heck.in/mengenal-operating-system-handphone.xhtml